Senin, 12 Oktober 2015

Masakan Khas MinangKabau (tugas softskill Etika Bisnis)



ETIKA BISNIS
(MASAKAN KHAS MINANG KABAU)

                                                NAMA                        : RIFY FADLIN ANTHONY
                                                KELAS                       : 4EA02
                                                NPM                           : 16212366



  

Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi



BAB I
PENDAHULUAN

Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak budaya dan masakan khas diberbagai Provinsi.Masakan Indonesia pencerminan beragam budaya dan tradisi berasal dari 6000 pulau dan memegang tempat terpenting dalam budaya nasional Indonesia secara umum dan hampir seluruh masakan Indonesia secara umum dan hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kunyit, kencur, kelapa, dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan dan tradisi-adat yang terdapat pula pengaruhnya melalui perdagangan yang berasal seperti dari india, Tiongkok, Timur Tengah, dan eropa.  Salah satu budaya yang ada diprovinsi negara Indonesia yaitu Sumatera Barat yang beribukota di Padang, Padang atau sering disebut juga dengan suku Minang Kabau terkenal dengan budaya dan masakan khas nya. Masakan  Sumatera Barat merupakan salah satu yang dikenal luas di Indonesia dan disebut juga dengan  MasakanKabau yang diperkenalkan oleh perantau yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat. Sumatera Barat adalah jenis kuliner yang sangat terkenal di Indonesia serta mancanegara yang terkenal dengan khas bumbu dan  rempah-rempah asli Indonesia dengan rasa yang pedas dan gurih nya serta banyak lagi masakan khas minangkabau. Masakan Sumatera Barat telah terlanjur dikenal masyarakat awam dengan sebutan Masakan Padang.masakan padang juga terkenal di Negara  ASEAN.Sumatera Barat Terdapat banyak resep dan variasi masakan berdasarkan daerah, kota atau kabupatennya, antara lain Bukittinggi,Padang,Pariaman dll.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Definisi Rendang

            Rendang sendiri berasal dari kata “Merandang”, memasak santan kelapa sampai mengering perlahan. rendang merupakan masakan asli indonesia yang berasal dari provinsi sumatera barat yang beribukota di padang. Rendang adalah hidangan berasal dari minangkabau (salah satu etnis dari pulau sumatera) yang terbuat dari sebagian besar daging sapi tapi ada juga yang menggunakan daging ayam.makanan.Makanan ini sering disajikan pada acara-acara seremonial, perayaan pernikahan dan tamu terhormat.setiap acara peernikahan adat padang rendang selalu menjadi menu utama.Hidangan tidak akan lengkap tanpa rendang.Tapi itu bukan hidangan daging sapi sehari-hari karena itu adalah daging khusus.Tidak setiap Rendang daging sapi yang dibuat persis dengan rasa yang sama.tergantung pada siapa yang membuatnya.Resep utama,kecuali daging,susu diperas dari kelapa yang dimasak dan direbus dipadukan dengan api kecil sehingga dapat mengering dan menjadi keemasan dan kering. Harus ada rempah-rempah ekslusif untuk membuat ini dari minangkabau. menghabiskan setidaknya tiga jam untuk membuatnya dicampur satu sama lain dan makanan ini sangat aromatik dari daging sapi dan rempah-rempah.

2.2 Sejarah Rendang

        Menurut sejarahwan dari Universitas Andalas, Padang, Gusti Asnan, Rendang patut diduga sudah ada sejak abad ke- 16. Berdasarkan penafsiran sejarah, Gusti menduga, cara yang sama dilakukan orang minang pada abad ke-16 ketika meneroka (membuka kampung baru) dipantai timur sumatera hingga malaka, malaysia, dan singapura.” Ada kemungkinan, masakan tahan lama seperti Rendang sudah ada pada saat itu. Pada masa itu, perjalanan bisa makan waktu berbulan-bulan,” ujarnya.
            Menurut Gusti, dulu masyarakat tradisional mengawetkan makanan menggunakan metode pengasapan dan pengeringan.Pengasapan dan Pengeringan dilakukan dengan memasak demikian lama. “ Rendang diliat dari proses pembuatannya memang memasak dalam waktu lama sampai kuahnya kering, ” katanya




BAB III
KESIMPULAN

Rendang merupakan makanan yang sering kita jumpai direstaurant atau rumah makan padang. Untuk masyarakat Indonesia  masakan ini sudah tidak asing lagi bahkan  menjadi makanan favorit disetiap hidangan masakan. Masakan khas Indonesia khususnya tanah minangkabau yang harus tetap dilestarikan sebagai salah satu masakan yang banyak disukai masyarakat indonesia hingga masyarakat luar negeri. Kita sebagai orang Indonesia harus mencintai kuliner nusantara karena kuliner di Indonesia sangat kental dengan rempah-rempah dan bumbu asli dari tanah Indonesia.

REFRENSI

1 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus